Mudik dengan Aman

Car seat adalah sarana transportasi anak yang paling aman.

Di berbagai negara, penggunaan car seat bagi keluarga yang memiliki anak sudah wajib hukumnya, baik itu untuk perjalanan singkat atau saat si kecil tidak mau duduk di car seat. Banyak orangtua menyerah saat si kecil ngambek karena tidak mau duduk di car seat. Namun, resiko guncangan, tubrukan, tikungan tajam, dan lain-lainnya selama perjalanan menggunakan mobil tetap ada – dan menggunakan car seat adalah cara teraman untuk melindungi si kecil.

Memangku si kecil di mobil juga bukan merupakan cara paling aman; di saat terjadi kecelakaan, ada resiko orangtua melepaskan pegangannya terhadap anak dan memposisikan anak dalam bahaya.

Untuk mengatasi kerewelan anak selama menggunakan car seat, selalu perhatikan apa kebutuhannya dan jangan ragu mengambil aksi untuk menjaga mood-nya. Hentikan mobil bila si kecil menangis, atau perlu mengganti popok. Jangan pernah melepaskan sabuk pengaman dari car seat, dan jangan lepaskan si kecil dari car seat.

Penggunaan car seat juga tidak boleh sembarangan dan harus mengikuti instruksi yang berlaku. Dimulai dengan selalu mengencangkan sabuk pengaman, Ayah & Bunda dapat menyebarkan kebiasaan ini ke seluruh anggota keluarga yang sering mengajak si kecil jalan-jalan juga.